Minggu, 30 September 2012

Muslimah Muda Yang Sukses Berbisnis Tas

,

Di usianya yang baru menginjak 25 tahun, Vidia Chairunnisa sukses berwirausaha di bidang pembuatan tas. Mulai membangun usaha sejak Agustus 2009, Vidia kini dikenal sebagai produsen tas dengan merek Gembool.
Di bawah bendera usaha CV Gembool Mulai Jaya, ia dapat memproduksi hingga 1.300 tas per bulan. Dengan jumlah produksi sebanyak itu, omzet yang masuk kantongnya berkisar antara Rp 300 juta-Rp 320 juta per bulan. “Laba bersih saya sekitar 20%-30% dari omzet,” katanya.
Atas kinerja usahanya itu, ia sempat masuk menjadi salah satu finalis Joytea Grean Sosro Youth Business Competition (YBC) 2011.
Vidia sebetulnya sudah tidak asing dengan bisnis tas. Sebelum menjadi pengusaha tas, ia sempat menjadi distributor tas impor yang dijualnya secara retail di sebuah mal di Bogor. Aktivitas itu dijalaninya dari Januari hingga Agustus 2009.
Selama delapan bulan berjualan tas, ia rajin mempelajari pasar sekaligus mengenali kelebihan dan kelemahan tas impor tersebut. Begitu tahu peluang pasar bisnis ini begitu besar, ia memberanikan diri terjun ke bisnis ini dengan membuka usaha sendiri. “Saya melihat tas impor maju karena mengikuti tren mode. Padahal kualitasnya tidak terlalu hebat dibanding lokal,” ujarnya.
Berbekal modal Rp 24 juta, ia mendirikan semacam bengkel pembuatan tas yang bermarkas di Bogor, Jawa Barat. Di awal usahanya, ia mendapat order pertama senilai Rp 300.000. “Saat itu saya senang sekali karena produk saya laku di pasaran,” ungkapnya
Nah, setelah hampir tiga tahun berjalan, usaha pembuatan tasnya kini semakin berkibar. Dengan dibantu 25 karyawan, ia sukses memasarkan tas buatannya hingga berbagai daerah di Indonesia.
Setidaknya sudah ada 40 reseller yang memasarkan tas Gembool secara online hingga ke berbagai daerah. “Distribusi tas Gembool sudah ke mana-mana, dari Aceh hingga Papua kami punya reseller,” ungkapnya.
Penjualan reseller ini menyumbang sekitar 15%-30% dari total omzetnya saat ini. Ke depan, ia berencana untuk memperbanyak jumlah reseller-nya. “Saya berharap bisa memiliki 100 reseller,”ujarnya.
Tas yang diproduksi Vidia adalah tas untuk kalangan muda dari usia 14 tahun hingga 30 tahun. Karena menyasar anak muda, tas tersebut dibuat dengan beragam variasi model, seperti selempang, ransel, hingga tas pesta. Tas-tas tersebut dibanderol mulai dari Rp 99.000-Rp 225.000 per buah
Menurutnya, model dan pilihan warna tas untuk kalangan muda harus dinamis dan beragam. Maka itu, Vidia rajin menampung kritik dan masukan dari pelanggannya.
Sudah Sejak Kecil
Menapaki dunia bisnis di usia muda bukanlah perkara gampang. Namun, bagi Vidia Chairunnisa, pemilik CV Gembool Mulia Jaya, usia muda dan minim pengalaman bukanlah halangan untuk terjun ke dunia bisnis.
Ketidaktahuan tentang medan bisnis justru dijadikan ajang untuk belajar. Menurutnya, belajar bisnis tak harus ditempuh melalui pendidikan formal. “Tapi juga bisa diperoleh atas dasar inisiatif sendiri,” ujarnya.
Inisiatif itu juga yang mendorongnya terjun ke dunia bisnis. Apalagi ia telah terbiasa berjualan sejak masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).Saat masih SD, ia berinisiatif berjualan jepitan rambut kepada teman-teman sekolahnya.
Hal itu dilakukannya untuk menambah uang saku yang dianggap kurang. “Saya suka jajan, uang saku kala itu tak cukup jadi kepikiran buat dagang untuk menambah uang jajan,” kisahnya.
Naluri berdagang Vidia berlanjut saat ia mengecap bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berkenalan dengan salah seorang teman ibunya, Vidia mengajukan diri untuk memasarkan berbagai produk fesyen, seperti pakaian tidur dan busana muslim. Kegiatan ini dilakukan tanpa sepengetahuan sang ibu.
Ia pun menjual produk fesyen itu secara door to door. Karena bisa menjual dalam jumlah banyak, maka komisi yang didapatnya juga lumayan besar. “Saya lupa berapa bayarannya, tapi yang jelas saya bisa membeli ponsel dari hasil tersebut,” kenangnya.
Tapi sayangnya, kebiasaan berdagang itu harus terhenti kala kedua orang tuanya mengetahui aktivitasnya itu. Lantaran takut mengganggu prestasi di sekolah, ia pun dilarang berjualan lagi.
Demi menghormati orang tuanya, Vidia terpaksa memenuhi permintaan tersebut. Namun, ia tetap bertekad suatu saat kelak harus menjadi pebisnis, bukan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) seperti keinginan orang tuanya.
Tahun 2005, setelah selesai menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Lombok, ia pun melanjutkan studi di Institut Pertanian Bogor (IPB). Selama kuliah inilah, jiwa bisnisnya kembali tumbuh.
Di masa awal-awal kuliah, ia memutuskan untuk berjualan mutiara. “Saat itu ada beberapa teman yang mencari mutiara,” ujarnya.
Semua pesanan temannya itu, ia tampung. Saat pulang ke rumah orang tuanya di Lombok, ia pun mencari mutiara tersebut dari beberapa perajin yang ada di Lombok. “Jadi saya tidak menyetok, semua sesuai pesanan,” ujarnya.
Mutiara tersebut dijualnya mulai dari harga Rp 160.000 per butir. Ia mengambil margin lebih dari 50%. Meski tergiur dengan margin yang tinggi, tapi Vidia menganggap bisnis mutiara sangat segmented dan sulit dipasarkan.
Akhirnya di 2009, Vidia memutuskan untuk berbisnis tas. Bisnis yang akhirnya bisa mengangkat namanya sebagai pengusaha muda yang sukses.
Sumber : http://pebisnismuslim.com

Terlahir Sebagai Pengusaha Atau Terlatih Sebagai Pengusaha?

,

Apakah menjadi seorang pengusaha disebabkan oleh sesuatu yang ada dalam DNA Anda, atau hal itu dapat dilatih? Sebuah penelitian baru dari Babson College menemukan bukti “luar biasa”, yaitu bahwa jika mahasiswa Fakultas Bisnis mengambil setidaknya dua mata kuliah kewiraswastaan, itu dapat secara positif mempengaruhi mereka untuk memulai sebuah bisnis.
Profesor di perguruan tinggi Wellesley, yang berada di Massachusetts, menganalisis sebuah survei dari 3.755 alumni, dan ia menemukan bahwa dua mata kuliah kewiraswastaan (atau lebih baik lagi tiga sesi) sangat mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk membangun sebuah start-up. Selain itu, ia juga melihat bahwa menulis business-plan dapat memberikan pengaruh ke arah itu, meskipun tidak terlalu signifikan.
“Kini sudah saatnya membuang pertanyaan skeptis, ‘Apa perlu belajar kewiraswastaan?’ karena sekarang kita memiliki bukti empiris yang membuat perbedaan cara pandang. Kami rasa, kewiraswastaan yang harus diajarkan tidak hanya untuk produksi dan pelatihan pengusaha, tetapi juga untuk membantu para mahasiswa memutuskan apakah mereka memiliki ‘modal’ yang tepat untuk menjadi pengusaha, sebelum mereka memulai karir yang mungkin tidak cocok bagi mereka,” tulis sang Profesor, dalam penelitiannya yang diberi judul “Does An Entrepreneurship Education Have Lasting Value? A Study of Careers of 3,775 Alumni“.
Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak ada pengaruh apakah si mahasiswa memiliki orang tua seorang pengusaha atau tidak. Juga ditemukan bahwa pria lebih mungkin untuk menjadi pengusaha daripada wanita. Ia juga menemukan sebuah pola, yaitu semakin tinggi pendapatan, semakin kecil kemungkinan para alumni berniat untuk menjadi pengusaha. Di sisi lain juga ditemukan bahwa semakin besar ketidakpuasan mereka terhadap pekerjaan, semakin besar kemungkinan bahwa alumni memiliki niat untuk menjadi pengusaha.
“Pada tingkat yang lebih abstrak, kami percaya bahwa kewiraswastaan harus diajarkan untuk setiap mahasiswa Fakultas Bisnis, karena pada hakikatnya kewiraswastaan adalah asal-usul semua bisnis,” tulis sang Profesor. “Tidak akan ada sekolah bisnis, jika tidak pernah ada pengusaha!” lanjutnya.
Sebuah studi pada tahun 2002 di Harvard Business School juga menunjukkan bahwa jika Anda dapat meyakinkan mahasiswa bahwa mereka memiliki modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, mereka akan terjun berwiraswasta.
Profesor Harvard, Howard H. Stevenson, menjelaskan, “Jika Anda menganggap bahwa sebagian besar siswa kami adalah pengambil kesempatan, berorientasi pada prestasi, cerdas, dan pekerja keras (buktinya mereka telah diterima di sini), maka tindakan yang kami lakukan hanyalah memberi mereka ‘alat’ dan teknik untuk meningkatkan peluang keberhasilan mereka.”
Jadi, bagaimana menurut Anda, apakah kemampuan untuk menjadi pengusaha itu bisa dilatih?
Sumber : http://pengusahamuslim.com

Minggu, 23 September 2012

7 Jurusan Kuliah yang mempunyai prospek bagus ke depan

,

1. Desain
Desain yang dimaksud di sini bukan hanya soal gambar saja namun yang lebih menjanjikan adalah desain produk atau desain industri. Desain seperti desain mobil, sepatu, payung, dan lain-lain.

2. Teknik
Walaupun banyak beranggapan bahwa jurusan teknik akan mengarahkan pada karyawan saja bukan menjadi Boss, sehingga membuat teknik elektro dan industri mengalami penurunan tiap tahunnya. Namun selama ada pembangunan dimana-mana, lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan.

3. ICT (Information Communication and Techology)
Jurusan ini akan membahas soal hardware seperti gadget-gadget dan jaringan telekomunikasi. Selain ilmu hardware, ilmu software pun akan dipelajari di jurusan ini. Pengembangan pun mengikuti pangsa pasar, dan saat ini pangsa game terutama game online sangat membutuhkan jurusan ini. Nah bagi penggemar game baik online atau tidak sebaiknya ambil jurusan ini. Temukan informasi unik lainnya hanya di : Klik > Kumpulan 7 Informasi Unik Dan Menarik

4. Bahasa dan Komunikasi
Jurusan ini menjanjikan di masa depan karena akan terjalin komunikasi dan hubungan internasional dalam perdagangan bebas yang semakin terbuka, maka Indonesia akan membutuhkan ahli-ahli di bidang komunikasi, terutama bahasa asing.

5. Planologi
Planologi atau perencanaan wilayah dan kota adalah suatu program studi yang mempelajari tentang cara merencana suatu wilayah dan kota. Semakin lama, sebagian besar orang akan hidup di daerah kota, perencanaan kota yang baik mutlak dibutuhkan dan jurusan ini memegang peranan penting untuk memberikan nasihat untuk pengembang usaha dalam skala makro.

6. Kesehatan dan Pendidikan
Peminat jurusan kesehatan akan semakin meningkat, apalagi kesehatan adalah segalanya bagi kehidupan manusia. Dari segi pendidikan, profesi seperti guru atau dosen semakin menjanjikan. Disamping uang, pahala pun didapat disini
Bisnis

7. Jurusan bisnis
dipercaya akan berkembang di masa depan. Apalagi melihat semangat kewirausahaan yang semakin tumbuh di Indonesia. Bagi yang memiliki jiwa bisnis dan berwirausaha sebaiknya Anda pilih jurusan ini

Itulah beberapa jurusan yang menjanjikan di masa depan. Dalam mencapai kesuksesan juga akan membutuhkan kerja keras, kreatif, dan jeli melihat peluang. Namun selain melihat potensi pasar, ada baiknya Anda memperhatikan potensi diri sendiri. Jika memiliki bakat yang menjanjikan kesuksesan, sebaiknya Anda pilih jurusan yang mendukung bakat Anda. Jangan sampai salah jurusan ya. Semangat ya gan. hehehe .

Nah menurut teman-teman sendiri gimana ? apa jurusan kuliah yang menurut teman-teman menjanjikan ?? terus boleh share juga pengalaman kuliah teman-teman atau pengalaman kerja

Sumber : http://serbatujuh.blogspot.com/2010/11/ini-gan-7-jurusan-kuliah-yang-bagus.html#ixzz1u5VV2f5k

Inilah 10 Bisnis yang menjanjikan dalam 10 tahun mendatang

,

10 Bisnis Yang MenjanjikanKebetulan “INC” -media bisnis terkemuka di Amerika- belum lama ini merilis informasi penting bagi para pebisnis yang ingin mengetahui bisnis yang prospeknya paling menjanjikan hingga lebih dari 10 tahun mendatang. Mereka adalah:
Setelah putar-putar ke forum, keluar masuk blog tetangga, akhirnya dapat juga tulisan yang saya kira pantas untuk di share di blogku tercinta ini (mode on) hehehe. Tulisan atau artikel tentang Peluang bisnis tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Dan kali ini saya akan berbagi kira-kira bisnis apa yang pantas untuk digeluti saat ini dan masa depan.
Tidak kita pungkiri hampir semua orang punya cita-cita ingin memiliki bisnis sendiri. Tapi sering kali, mereka bingung bagaimana memulainya, bisnis apa yang harus mereka geluti dan bagaimana pula prospeknya.
  1. Bisnis Internet, data processing dan jasa informasi lainnya (jualan di website / internet..)
  2. Sistem komputer dan jasa yang berhubungan dengannya
  3. Sofware (jual beli aplikasi)
  4. Jasa ketenagakerjaan
  5. Konsultasi: management,science, dan teknis
  6. Home Health Care
  7. Jasa penasihat keuangan pribadi
  8. Jasa perawatan anak
  9. Seni, hiburan, dan rekreasi
  10. Film/video
Dari data tersebut, terlihat bisnis nomor SATU yang paling menjanjikan hingga lebih dari 10 tahun mendatang adalahBisnis Internet.
Revolusi informasi memang tengah berjalan…. Seperti juga ketika mobil yang ‘merevolusi’ kereta kuda, kamera digital yang mulai menggantikan kamera manual dan kini INTERNET juga telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mencari informasi dan berbisnis.

Jumat, 21 September 2012

Cara Mudah Mengatasi Modal Usaha Yang Minim

,
modal kecil 200x150 Cara Mudah Mengatasi Modal Usaha Yang MinimHampir setiap orang selalu mengeluhkan masalah modal dana ketika mereka hendak memulai sebuah usaha. Padahal, dalam berbisnis tidak hanya modal uang saja yang dibutuhkan para pelaku usaha. Masih ada modal non-materi seperti misalnyaskill (keahlian), kreativitas, networking, motivasi, serta tekad dankeberanian yang kuat untuk bisa mengantarkan diri mereka masuk ke dalam dunia usaha.


Berbekal ilmu pengetahuan, pengalaman, serta kreativitas yang dimiliki para pemula, setidaknya mereka bisa menemukan alternatif paling tepat untuk bisa memulai usaha dengan modal seminim mungkin. Bahkan sekarang ini berbagai macam peluang usaha dengan modal kecil pun bisa dicoba para pemula untuk terjun di dunia bisnis.
Lalu, kira-kira strategi apa saja yang bisa dilakukan para pemula untuk bisa mengatasi minimnya modal usaha?
Berikut ini kami informasikan beberapa cara mudah mengatasi modal usaha yang minim bagi para pemula yang tertarik merintis sebuah usaha.
Terapkan sistem pembayaran di muka
Dengan memanfaatkan modal kreativitas yang Anda miliki, coba terapkan “sistem pembayaran di muka” pada saat menjalankan sebuah usaha. Melalui strategi tersebut, Anda bisa mendapatkan modal dari uang muka yang telah dibayarkan para konsumen, dan selanjutnya dimanfaatkan untuk memenuhi biaya operasional selama memproduksi barang maupun jasa yang dibutuhkan para pelanggan. Contohnya saja seperti pada bisnis bimbingan belajar yang mewajibkan siswanya membayar biaya kursus di awal tahun ajaran, atau bisnis jual beli toko online yang mewajibkan konsumennya mentransfer uang terlebih dahulu baru selanjutnya barang pesanan dikirimkan ke alamat konsumen.
Join dengan rekanan bisnis Anda
Ketika modal usaha yang Anda miliki sangatlah minim, tidak ada salahnya bila Anda mengajak beberapa rekan bisnis Anda untuk bekerjasama dalam membangun sebuah usaha. Anda bisa mengajak mereka untuk patungan mengumpulkan modal usaha dan menggarap usaha tersebut secara bersama-sama.
Menggunakan sistem bagi hasilstrategi bisnis1 200x133 Cara Mudah Mengatasi Modal Usaha Yang Minim
Selain menjalin kerjasama dengan rekan bisnis yang dimiliki, Anda juga bisa menggaet investor maupun para produsen untuk mendapatkan subsidi modal dengan sistem bagi hasil yang telah disepakati. Untuk para investor, biasanya mereka lebih tertarik untuk menanamkan modalnya di bisnis Anda dan menunggu pembagian hasil dari laba perusahaan setiap bulannya. Sedangkan untuk para produsen, biasanya mereka memberikan peluang bagi Anda untuk menjadi reseller mereka dan memberikan diskon khusus bagi transaksi penjualan yang berhasil Anda dapatkan.
Mencoba bisnis jasa
Salah satu peluang bisnis jasa yang tidak membutuhkan modal besar yaitu menjadi seorang konsultan maupun makelar. Kedua profesi ini sama-sama memberikan pelayanan jasa bagi para konsumennya tanpa membutuhkan modal usaha yang cukup besar. Sebab, ketika menjadi seorang konsultan maupun makelar, modal utama Anda hanyalah pengalaman, keahlian bernegosiasi dan kemampuan untuk meyakinkan orang lain.
Menggunakan sistem barter
Untuk mengatasi minimnya modal usaha, Anda juga bisa memilih sistem barter yang tidak membutuhkan modal uang. Dalam hal ini Anda bisa mencari produsen maupun pemasok yang memiliki produk komoditas cukup potensial, kemudian menawarkan diri untuk bekerjasama dan melakukan barter (pertukaran produk atau jasa) dengan bisnis Anda. Strategi ini sudah banyak dilakukan para pelaku bisnis online dalam mempromosikan usahanya, yakni dengan bertukar link satu sama lain.
Disamping beberapa cara yang telah kami informasikan, pada dasarnya masih banyak strategi bisnis lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah permodalan usaha. Karenanya, jangan pernah berhenti melangkah untuk mencoba menekuni dunia usaha dan mulailah sekarang juga. Salam sukses.

Mengatasi Masalah Serius Pada Usaha Anda

,
Penciptaan perusahaan baru memberikan rasa senang sekaligus kekhawatiran karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kelangsungan perusahaan. Banyak pengusaha baru yang dengan cepat memahami kompleksitas dalam membuat sebuah usaha dan yang lebih penting tugas agar perusahaan dapat berjalan dengan baik. Kemampuan menjaga kelangsungan bisnis dan kesuksesan yang terus menerus bisa jadi tugas yang menantang. 

Ada banyak jenis pengusaha dan jenis usaha di dunia yang dapat diciptakan, tapi perusahaan selalu menghadapi kesulitan dan kegagalan yang muncul pada proses yang menantang ini. Beberapa pengusaha memiliki mimpi yang terlalu tinggi dan tidak siap dengan kenyataan dalam memulai usaha baru dan segera tenggelam. 

Memulai usaha baru seringkali menjadi kompleks dan terkadang menimbulkan keputusasaan. Banyak orang yang dengan cepat menyerah, menghentikan usaha sebelum menampakkan hasil. Dengan keteguhan hati, seseorang mampu melewati saat-saat sulit dalam memulai usaha. 

Ketika membuat perusahaan baru, harus diingat untuk memiliki perilaku positif sepanjang waktu. Dengan memiliki perilaku positif akan memberikan pencerahan perspektif dan memberikan semangat berpikir positif dalam bisnis. Perilaku dan mental seperti ini akan membawa keberhasilan perusahaan. 

Perusahaan yang menunjukan kwalitas penting, tidak kenal takut, bijak, dan motivasi yang kuat dalam mencapai keberhasilan akan mampu meningkatkan profit dan sukses. Perencanaan dan persiapan yang matang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan usaha atau perusahaan yang sesungguhnya. Pengusaha dengan kwalitas keteguhan hati, kesabaran, dan motivasi akan sangat mempengaruhi keberhasilan usahanya.

Kwalitas tidak mengenal rasa takut harus diadopsi, dan kurangnya motivasi harus digantikan dengan motivasi keberhasilan dan bekerja keras. Dengan kwalitas seperti ini, bisnis memiliki harapan untuk berhasil. 

Keseluruhan karakteristik dan perilaku ini dapat mengarahkan pada potensi pertumbuhan bisnis, namun juga dapat membantu pengusaha baru mengatasi kesalahan dan krisis bisnis. 

Namun, banyak kejadian yang akan terjadi dalam kehidupan bisnis apapun, dan seseorang harus tetap positif dan tenang, karena dengan terlalu tertekan atau marah akan memperburuk masalah. Cobalah melihat masalah dari sudut yang berbeda dan mencoba memahami apa sebenarnya yang sedang terjadi. Ketika seseorang mampu melihat masalah dari semua perspektif, semakin besar kemungkinannya untuk mengatasi masalah yang sulit maupun potensi masalah.


Oleh: Court Tuttle

Sumber: 

http://www.bestmanagementarticles.com

MENGAPA MENTAL MENJADI KELEMAHAN UTAMA DALAM BERBISNIS?

,
Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengungkapkan kelemahan seorang pengusaha terletak pada mentalitas berbisnisnya.

"Harus diperbaiki mentalnya. Ibarat orang naik sepeda, jatuh coba lagi, itu baru mental pengusaha," kata Raja di Hotel Grand Melia, Jakarta, Sabtu 9 Juni 2012.

Menurut Raja, seorang pengusaha muda harus mampu mengenali potensi dalam dirinya, sehingga mampu membaca lingkungan sekitarnya, serta menentukan ke mana akan berbisnis.

"Pada dasarnya semua bisnis bagus. Yang harus lebih bagus adalah kemauannya, kalau dia mau mengembangkan pasti bisa," ucapnya.

Sementara itu, mantan Presiden BJ Habibie mengatakan ada beberapa hal penting yang harus dilakukan para wirausahawan muda dalam mengembangkan bisnisnya.

"Di sini saya akan memberikan penjelasan, bagaimana cara berbisnis dalam pandangan Habibie," kata Habibie dalam sambutannya di acara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia itu.

Habibie menjelaskan, ada tiga hal yang harus diingat dalam berbisnis. Adapun tiga hal itu adalah agama, budaya, dan perilaku.

"Agama dan budaya itu saling berpengaruh, sehingga mencerminkan perilaku yang bersangkutan. Jika dia memanfaatkan ilmu pengetahuan yang dia tekuni, maka itu akan memberikan energi positif," ujarnya.

Untuk itu, Habibie melanjutkan, seseorang harus pintar memanfaatkan sinergi energi yang positif, sehingga apa yang dicita-citakan bisa menjadi manfaat untuk banyak pihak

semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi kita semua.

dikutip dari vivanews.com

Selasa, 18 September 2012

Bisnis Modal Kecil tapi Untung Besar – Usaha SPA dan Salon

,

Peluang Usaha SPA, ide Bisnis Modal Kecil namun Untung Besar

Bisnis Modal Kecil tapi Untung Besar - Usaha SPA dan SalonTampil cantik dan selalu menarik adalah kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan oleh permpuan pada umumnya. Bahkan pakar mode Prancis pernah menyatakan bahwa prempuan akan memilih mengurangi jatah makan siangnya dari pada mengurangi jatah untuk merawat kecantikannya dan shopping, hehe.. tak heran jika kita sering lihat perempuan sering menghabiskan waktunya di depan cermin. Krisis global yang melanda sebagian besar negara di dunia termasuk juga di Indonesia tidak lantas membuat para wanita di dunia berhenti untuk merawat kecantikannya. Artinya, bahwa perempuan akan tetap mengeluarkan anggaran tetap untuk merawat kecantikannya meski dalam krisis keuangan yang sering melanda beberapa Negara akhir-akhir ini.
Beberapa perempuan mungkin memutuskan untuk mencari alternatif dalam menekan biaya pengeluaran untuk merawat kecantikan. Harga murah tapi tetap aman mungkin jadi alternatif pilihan saat ini, alih-alih untuk pergi ke salon atau spa yang harganya mahal. Sebagian besar perempuan menyatakan, bahwa tampil tetap cantik adalah sebuah kewajiban yang tak boleh ditinggalkan. Dari dulu sampai sekarang, itulah sifat kaum hawa yang tetap ambisius dalam merawat kecantikan.
Melihat keadaan tersebut, harusnya kita berfikir untuk mencari alternatif bisnis modal kecil dengan kwalitas dan pelayanan yang tak kalah memuaskan. Membuka salon dan spa mini yang murahdan dapat dijangkau oleh siapa saja. Pilih lokasi yang tidak di jalan utama agar mendapat harga sewa yang tidak mahal seperti di tempat strategis lain, tapi tetap jaga pelayanan dan suasana yang segar dan menyenangkan. Buatlah desain ruangan yang segar dan menyenangkan dan ini tak harus dengan biaya mahal.
Mulailah berbisnis
  1. Mencari lokasi strategis tapi ekonomis seperti lokasi dekat kos-kosan, sekitar kampus atau di perumahan. Ini relatif murah dari pada berada di jalan utama yang lebih mahal.
  2. Menentukan jenis produk dan layanan yang ditawarkan, tapi merek dan harga juga harus diperhatikan. Produk dapat juga ditawarkan dengan layanan dalam bentuk paket. Dapat juga mencoba membuat sendiri ramuan-ramuan tradisional seperti di spa-spa mahal, contohnya lulur tradisional yang khas dari suatu daerah. Promosikan bahwa bahan tradisional alami yang anda ramu sendiri sangat aman dan bebas bahan kimia berbahaya. Ini akan menjadi nilai lebih pada spa anda.
  3. Menata ruangan agar nyaman, dekor ruangan dengan konsep yang dapat menenangkan jiwa dengan sentuhan bermain warna, musik atau juga aroma terapi. Ventilasi juga harus baik.
  4. Gunakan tenaga kerja beautician yang baru lulus kursus kecantikan, atau merekrut mantan pegawai sebuah spa.
Promosi
  • Buatlah sistem membership, ini dilakukan untuk mengikat kesetiaan pelangggan, buatlah kartu member juga berlakukan diskon harga yang bagus untuk member.
  • Promosikan lewat jejaring sosial seperti facebook, twitter atau yang lain. Masuklah ke grup mahasiswa, atau kelompok-kelompok yang menjadi target pasar anda.
  • Pelayanan yang unik dan berbeda juga perlu. Dapat berupa model perawatan yang berbeda, cara memasarkan yang berbeda, dan sebagainya. Sesuatu yang sangat khas, yang tidak ditemukan di spa lain akan membuat spa anda lebih dikenal.

    SUMBER :  http://bukausaha.com

STRATEGI JITU DARI "MEDIA USAHA KECIL

,

Media usaha kecil memandang bahwa keberhasilan seseorang untuk menjalankan mesin usaha adalah dengan semangat yang tinggi,tekun, dan tidak putus asa.
Banyak cara mendulang sukses dalam menjalankan usahanya, walaupun dengan kemampuan produksi yang terbatas. Kesuksesan seseorang bukan diukur dari banyaknya produksi yang dihasilkan tapi diukur dengan kemampuan seseorang dalam menjalankan mesin-mesin ekonomi perusahaan.
Mesin-mesin ekonomi perusahaan meliputi:
1. Proses perencanaan perusahaan dan macam usahanya
2. Proses produksi perusahaan dengan mempertimbangkan cost & benefit suatu produk yang dihasilkan
3. Proses pengendalian baik pengendalian biaya produksi maupun biaya pemasaran dan biaya overhead lainnya.
4. Proses pemasaran barang-barang produksinya ini meliputi bagaimana cara memilih strategi-strategi pemasaran yang tepat sasaran dan cocok untuk barang-barang hasil produksinya
5. Proses evaluasi dan methode penyelesaian masalah-masalah yang timbul dalam suatu tekanan adanya kebijakan pemerintah yang mengakibatkan tidak berjalannya sistem pemasaran yang sedang dilakukan.

Setelah proses-proses tersebut di atas dikerjakan maka perlu adanya evaluasi untuk mendapatkan suatu hasil yang baik. Dari hasil evaluasi ini dirumuskan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul.

CIRI-CIRI KONSUMEN DALAM DUNIA USAHA KECIL
Media usaha kecil memberikan masukan bagi para pengusaha-pengusaha kecil yang ingin mengetahui sifat dan karakteristik bagi para konsumen. Dari hasil survey yang dilakukan"MEDIA USAHA KECIL" lakukan adalah sebagai beriku:
1. Konsumen potensial dan konsumtif
2. Konsumen potensial tidak konsumtif
3. Konsumen potensial dan tidak konsumtif

"MEDIA USAHA KECIL"
CIRI-CIRI KONSUMEN POTENSIAL DAN KONSUMTIF
Konsumen potensial dan konsumtif ini biasanya dilakukan oleh para karyawan laki-laki dengan tingkat pendidikan yang sedang-sedang saja biasanya dilakukan oleh tingkat olerator atau pekerja lapangan. Untuk tingkat Supervisor ke atas unsur pertimbangan biaya dan manfaat selalu hadir dalam pikirannya untuk mempertimbangkan sesuatu transaksi perdagangan. Sedangkan untuk karyawan staf sangatlah tidak strategis karena selalu menggunakan pertimbangan yang lebih banyak lagi, apalagi bagi staf-staf yang bekerja di bagian keuangan pastilah sangat susah untuk dapat menembusnya.

"MEDIA USAHA KECIL"
CIRI-CIRI KONSUMEN POTENSIAL TIDAK KONSUMTIF
Konsumen potensial tidak konsumtif ini biasa dilakukan oleh para karyawan yang mempunyai pendidikan yang tinggi, segala sesuatu untuk mendapatkan suatu barang selalu dipertimbangkan dengan waktu yang lama, walaupun sebenarnya barang-barang yang diinginkan itu sangat penting. Orang dengan ciri ini biasanya susah mengeluarkan uang atau istilahnya PELIT. Segala sesuatu harus dihitung-hitung terlebih dahulu, bahkan mungkin juga minta pertimbangan pihak ketiga. Orang dengan pemikiran tersebut susah untu menjalankan bisnis, baik itu bisnis USAHA KECIL maupun USAHA BESAR sekalipun, kalaupun dipaksa menjalankan bisnis, bisnis tersebut berjalan dengan lamban dan ketinggalan oleh pengusaha yang menganut pemasaran dengan megutamakan service baik untuk konsument maupun costumernya. Mudah-mudahan kreteria ini bukan anda.

"MEDIA USAHA KECIL"
CIRI-CIRI KONSUMEN TIDAK POTENSIAL
Ciri-ciri konsumen tidak potensial adalah sebagai berikut:
Konsumen tidak potensial kebanyakan orang yang mempunyai sifat statis, tidak mempunyai kebiasaan dalam menjalin hubungan sosial, daya pikirnya tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain, maunya ngatur sendiri.
Golongan konsumen tidak potensial ini biasanya mempunyai bayak uang dan penghasilan karena dari sifatnya tidak mau foya-foya.

Sebetulnya ini merukan kesempatan bagi para marketingman untuk dapat mengubah ciri-ciri konsumen tidak potensial menjadi konsumen potensial. Banyak celah-celah untuk dapat menembus golongan konsumen tidak potensial ini.

"MEDIA USAHA KECIL"
Jurus jitu untuk mengelola konsumen-konsumen tersebut di atas adalah:

1. Bila anda mendapatkan pelanggan konsumen potensial dan konsumtif maka langkah anda adalah mempertahan dengan memberikan service-service yang memuaskan kepada konsumen potensial tersebut.

2. Bila anda menghadapi konsumen potensial tapi tidak konsumtif maka langkah anda berusaha untuk meyakinkan konsumen tersebut dengan memberikan keterangan keunggulan, kelebihan, dan kwalitas dari barang-barang yang anda tawarkan kepada konsumen hingga konsumen tersebut yakin kepada barang-barang anda. Sedapat mungkin anda dapat mengubah pola konsumen ini dengan pola konsumen potensial dan konsumtif, dengan memberikan service-service yang baik.

3. Bila anda menghadapi konsumen tidak potensial berusahalah anda untuk meyakinkan orang tersebut bahwa barang-barangnya berkwalitas dan untuk pertama kali anda harus menawarkan barang yang bagus dan berkwalitas sedapat mungkin yang bermerk. Setelah terpuaskan pastilah konsumen ini kembali ke anda untuk mendapatkan barang lain yang diinginkan.
Jadi ubahlah konsumen ini menjadi konsumen yang potensial dan konsumtif

rabu, 14 april 2010

STRATEGI-STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL

Salah satu kunci sukses seorang pengusaha adalah bagaimana cara pengusaha menjalankan strategi-strategi pemasarannya. Banyak strategi pemasaran yang selama ini dipakai oleh pengusaha-pengusaha sukses diantaranya:
1. Strategi pemasaran dari pintu ke pintu
2. Strategi pemasaran dengan mobil
3. Pemasaran tradisional

STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL DARI PINTU KE PINTU
Banyak pengusaha sukses dengan menggunakan strategi ini, karena strategi ini si produsen langsung menyentuh konsumennya dasn tidak melalui agen-agen atau reseller. maka dari itu strategi pemasaran dari pintu ke pintu pada dewasa ini sering dijalankan oleh para pengusaha-pengusaha yang sedang bersaing di pasar global.
Rata Penuh
Kelebihan strategi pemasaran dari pintu ke pintu adalah
1. Produknya cepat sampai ke konsumen
2. Lebih mudah menguasai segmen pasar
3. Konsumen lebih mudah mendapatkan barang dengan biaya minimal
4. Konsumen lebih leluasa dalam menyeleksi produk yang ditawarkan kepadanya
5. Produsen lebih cepat mengetahui karakter konsumen
6. Pembentukan segmen pasar lebih cepat

Kelemahan strategi pemasaran dari pintu ke pintu
1 Biaya tenaga marketing tinggi
2.Diperlukan staf-staf marketing yang handal
3.Pengawasan kwalitas produksi sangat diperhatikan

STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL DENGAN MOBIL
Seiring dengan berjalannya persaingan pasar bebas maka banyak perusahaan yang menerapkan jurus-jurus marketing yang dapat diandalkan guna untuk dapat mengatasi di persaingan pasar bebas. Persaingan pasar bebas tercipta karena ada banyaknya komitmen atau kerjasama antar lintas negara dalam hal ini dalam perdagangan, sehingga masing-masing negara harus berusaha untuk menyediakan alat proteksi diri guna melindungi produsen maupun konsumen dalam negeri, terutama para usahawan kecil yang dewasa ini sudah banyak tumbuh dalam memasuki era globalisasi pasar.
Strategi mobil ini sudah diterapkan oleh para pengusaha-pengusaha di Indonesia, pemasaran dengan strategi ini menggunakan mobil keliling memasuki kota-kota, perumahan guna mendapatkan konsumen yang di inginkan. Strategi pemasaran dengan mobil sering digunakan oleh para pengusaha Menengah ke atas karena sarana untuk menjalankan strategi ini memerlukan biaya yang tinggi, kemampuan staf marketing yang baik. Contoh perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran dengan mobil adalah: Perusahaan jasa telekomunikasi, Jasa paket & cargo, jasa penjualan barang kelontong, jasa penjualan makanan, jasa penjualan buah-buahan dll.

Keuntungan dengan metode ini sebenarnya sangat banyak bagi pengusaha dalam mengatasi persaingan yang semakin ketat, karena dengan metode ini dapat menghemat biaya tempat untuk memasarkan barang, suatu contoh dari pada perusahaan menaruh atau menyewa outlet di toko swalayan lebih baik menggunakan mobil guna memasarkan barang-barang produksinya. Mungkin akan lebih effectif bila mobil dilengkapi dengan media lain seperti layar lebar.

STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL TRADISIONAL
Strategi pemasaran tradisional adalah pemasaran menggunakan kemampuna dan fasilitas pasar dimana tempat bertemunya si penjual dengan si pembeli untuk melakukan transaksi peredagangan. Strategi pemasaran ini sudah terbiasa di gunakan oleh para pengusaha kita baik USAHA KECIL atau USAHA MENENGAH, yang mana sama-sama bertemu di suatu tempat yang dapat mempertemukan dengan para konsumennya.
Kelemahan dari strategi ini adalah strategi ini kurang dapat diminati oleh kelompok masyarakat golongan menengah ke atas, sehingga strategi ini kurang dapat bersaing dalam menghadapi persaingan pasar bebas yang sudah berjalan saat ini. Dan strategi pemasaran di pasar tradisional ini sudah mulai sedikit dikesampingkan karena mengingat di pasar tradisional ini harga harus dapat bersaing dengan produsen lain yang secara bebas bertemu di pasar tradisional. Memang pasar tradisonal banyak diisi oleh masyarakat menengah ke bawah, karena harga-harga di pasar tradisional sangat kompetitif. Sedangkan kelompok masyarakat atas jarang sekali berkunjung di pasar tradisional, mereka cenderung berkunjung di mal-mal, Toserba, swalayan, atau boleh dibilang pasar modern.

minggu, 04 april 2010

MUSHROOM BUSINESS

Small bussiness mushroom is a promising to small bussiness, we will promide alloys for prospective applicants try business mushroom.

Fungul plant turns out to add value not little, because this crop can yield benefits in world cuisine, today's most popular edible mushroom to use as vegetable like mushroom soup etc, because the fungul has more value for farmers. We hope the farmers an interested abaut mushroom can be read on this site to learn.

Please not that mushroom bussiness in great need mental perseverance in overcoming problems and have a persistant mental ini marketing due to free market competition, than needed sufficient capital for mushroom growing media preparation and sufficient knowledge about planting mushroom, considerable knowledge of management bussiness. If the above creteria are met, then this effort will success.

Farmers generally difficult to understand, because of limited education but no problem we will help for those who want to advance to the bussiness of this fungul. Good Luck.

sabtu, 03 april 2010

CELAH-CELAH USAHA KECIL JANGKRIK

Celah-celah usaha kecil dalam mengatasi pengangguran di Indonesia merupakan jalan pintas dan mudah untuk dilaksanakan bagi mereka yang telah terkena imbas PHK di suatu perusahaan. Tentu saja seorang yang pada saat waktu terkena PHK terasa bingung dan gundah, dikarenakan orang tersebut telah kehilangan mata pencaharian guna menghidupi keluarga. Maka Media Usaha Kecil telah memberikan resep guna mengatasi hal tersebut.

Telah media usaha kecil terbitkan dalam Usaha Kecil Jamur Merang, Usaha Kecil Pembuatan Kecap, Usaha Kecil Pembuatan Tempe, maka untuk kali ini media usaha kecil memberikan resep
bagaimana kita berternak jangkrik.

Media Usaha Kecil yakin, dengan menenkuni usaha yang langka ini akan menjadi pembuka wacana anda untuk dapat mengawali bisnis anda. Karena manusia yang maju tidak hanya ditentukan oleh salah satu usaha yang digelutinya, melainnya banyak usaha yang ditekuninya. Semakin pengalaman dalam menekuni usaha-usaha kecil maka media usaha kecil menjamin dengan ketekunan dalam usaha akan menjadikan seseorang yang sukses. Kita tidak usah muluk-muluk untuk ingin menjadi orang nomor 1 di bisnis usaha kecil, tapi kita sukses dalam bisnis usaha kecil sudah merupakan nilai positif bagi kehidupan bisnis.

Memang sepintas bisnis berternak jangkrik ini kelihatan tidak berprospek cerah, namun ternyata media usaha kecil bersama tim telah survey ke peternak jangkrik ternyata hasil dari berternak jangkrik dapat untuk menghidupi keluarga. Maka lebih jelasnya ikutilah situs ini guna mengetahui bagaimana cara-cara berternak jangkrik.

senin, 29 maret 2010

LANGKAH-LANGKAH USAHA KECIL JAMUR MERANG

MEDIA USAHA KECIL

"LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN JAMUR MERANG"
Pembuatan jamur merang memerlukan ketekunan, keuletan dan kemauan yang kuat, sehingga dalam usaha ini dapat berhasil dengan baik.

Persiapan untuk penanaman jamur merang adalah sebagai berikut:
Bahan-bahan untuk media penanaman jamur merang
1. Lahan untuk pembuatan jamur merang adalah berukuran 6 m x 9 m
2. Bambu sebanyak 250
batang guna pembuatan
ruangan proses pembuatan jamur
3. Plastik, tambang, tali, paku secukupnya
4. Drum bekas untuk proses penguapan ruangan.
5. Jerami yang dibutuhkan sebanyak 200 kg
6. Ampas kawung 1.5 kubik
7. Kapas 3 kg
8. Dedak Lembut 100 kg
9. Kapur 30 kg
10. Kayu bakar 1,5 kubik
11. Minyak tanah secukupnya.
12. Bibit jamur 25 botol


Pembuatan tempat untuk penanaman Jamur merang:
Tempat untuk penanaman bibit jamur ini terbuat dari batang bambu, batang-batang bambu tersebut diatas di rangkai sedemikian rupa sehingga membentuk kerangka seperti rumah yang berukuran 6m x 9 m, dan kerangka tersebut dibentuk dengan 2 pintu di tengah sisi kanan dan sisi sebelah kiri, di dalam ruang samping kanan kiri dibuat seperti rak 5 susun yaitu 5 di kanan dan 5 di kiri sebagai media penanaman jamur, sedang ukuran tiap rak adalah 1 m x 7 m, jarak rak bawah dengan rak atasnya adalah 1 meter, batas rak dengan dinding samping baik kiri maupun kanan adalah masing-masing 1 meter ( lihat gambar ) Ditengah-tangah dan samping dinding dibuat tangga yang dipakai untuk saat penaburan bibit jamur dan memanen jamur. Untuk jendela dapat dibuat baik samping kiri maupun kanan banyaknya disesuaikan agar proses pendinginan dapat cepat.


LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN MEDIA PENANAMAN JAMUR

Jerami sebanyak 200 kg di celupkan dalam kolam air sampai air meresap pada jerami-jerami, setelah meresap angkatlah jerami tersebut dengan disusun berlapis-lapis, jerami lapis pertama di gelar dan di atasnya ditaburi dengan dedak bersama kapur. Taruhlah jerami lapis kedua diatasnya dan taburi lagi dedak, sampai jerami yang yang berada di kolam habis. Kemudian tutuplah lapis-lapis jerami tersebut dengan plastik rapat-rapat satu minggu dan hari ke empat kembali dibalik dan taburi bubuk dedak dan kapur. Setelah hari ke delapanpada pagi harinya jerami disusun dalam rak-rak yang telah disiapkan tadi sampai ke lima rak terpenuhi dengan jerami. Langkah berikutnya masing-masing rak yang telah terisi jerami ditaburi dengan kapas hingga merata, taburkan bibit jamur dan serbuk pohon kawung diatas kapas-kapas tadi. setelah merata, semprotlah masing-masing rak dengan air secukupnya kemudian tutuplah kerangka bangunan tadi dengan plastik rapat-rapat. Setelah rapat benar uapilah dengan cara memasak air di drum dan uapnya di salurkan ke dalam bangunan yang sudah tertutup rapat dan suhu diusahakan berkisar 60 derajat celcius selama 2 hari pintu dan jendela dibuka lebar-lebar setelah beberapa saat masuklah dan semprotlah dengan pupuk jamur, kemudian tutup kembali tunggu selama 12 hari untuk memanen jamur-jamurnya. Masa panen dari jamur-jamur ini adalah tiap hari dapat 3 kali panen, biasanya jam 4 pagi, jam 7 pagi dan jam12 dari bahan-bahan tadi dapat menghasilkan jamur merang sebanyak 1 kwintal per panen.

Ket gambar:
Konstruksi media penaman jamur ( kiri )

Konstruksi pintu dibuat dua ( kanan )





Rangka setelah diberi plastik rapat di bagian luar dilapisi dengan daun-daun.

Posisi rangka penjamuran terlihat dari dalam setelah ditutup pastik dan diluarnya dilapisi daun2.

Drum-drum untuk penguapan dengan ukuran suhu 60 dearajat celcius dan pengauan ini dilakukan selama semalaman atau 12 jam.

METODE PEMASARAN JAMUR MERANG
Pemasaran jamur merang tidaklah sulit yang penting apa yang Media Usaha Kecil sarankan tadi yaitu keuletan. Sebenarnya banyak yang mau menerima hasil panenan jamur ini, ada yang dijual ke bandar jamur, ada yang di jual di pasar tradisional, bahkan super marketpun juga mau menerima jamur-jamur ini asal pengusaha jamur ini melakukan penyortiran bagi jamur yang berkwalitas dan diberi kemasan yang menarik. Nah selamat mencoba dengan usaha kecil budidaya jamur merang.

JAMUR-JAMUR MERANG "USAHA KECIL" MENJANJIKAN

MEDIA USAHA KECIL
Usaha Kecil Jamur merang adalah merupakan usaha yang sangat menjajikan dalam dunia bisnis usaha kecil, Media Usaha Kecil akan memberikan paduan untuk para calon-calon yang ingin menggeluti usaha kecil ini dengan jenis tanaman jamur.

Tanaman jamur ternyata memberikan nilai tambah yang tidak sedikit, karena tanaman ini dapat menghasilkan manfaat dalam dunia masakan. Dewasa ini memang Jamur merang sangat populer untuk dijadikan bahan sayuran seperti sop jamur dll. Karena manfaat dari jamur merang mempunyai nilai lebih bagi para petani, maka bagi para petani-petani atau para calon-calon usahawan kecil dapat membaca di situs ini.

Perlu di ketahui bahwa usaha jamur merang ini sangat memerlukan suatu jiwa yang tekun dalam mengatasi masalah-masalah, pantang menyerah dalam pemasaran karena adanya persaingan di pasar bebas, modal yang cukup untuk pembuatan media Usaha Kecil di bidang jamur merang ini, pengetahuan yang cukup mengenai tehnik-tehnik penanaman, pengetahuan yang cukup mengenai managemen produksi, menagemen pemasaran. Jika kreteria tersebut telah dipenuhi maka keberhasilan dalam usaha kecil Jamur ini akan berhasil. Dari kreteria tersebut sangatlah susah untuk dipahami oleh para petani-petani kita yang berbasis pendidikan yang minim, tapi tidak apa-apa media usaha kecil akan membantu rekan-rekan yang ingin maju dalam menggeluti usaha kecil ini.

Tim dari Media Usaha Kecil telah survey di daerah penghasil jamur merang yaitu di daerah Duarawolong Karawang, maka dari itu kami akan berikan yang terbaik kepada yang memerlukan dalam usaha menambah penghasilan. 

minggu, 28 maret 2010

USAHA KECIL PEMBUATAN TEMPE

MEDIA USAHA KECIL
Tempe sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia usaha kecil ini banyak tumbuh di Indonesia hampir setiap hari kita melihat penjual tempe baik itu yang keliling bersama dengan penjual sayuran dan penjual tempe yang berada di pasar. Tempe ini jenis lauk yang mengandung protein, di masyarakat kita tempe menjadi lauk yang di konsumsi oleh semua golongan. Sekarang kita akan belajar bagaimana membuat tempe yang baik.

BAHAN-BAHAN DAN PERALATAN PEMBUATAN TEMPE:
Bahan utamanya adalah Kedelai dan bahan pembantunya adalah Ragi, daun pisang atau daun bambu, atau plastik silahkan anda sesuaikan. Peralatan yang digunakan: alat penyaring, tempat merebus, tempat merendam kedelai, tempat penyimpanan kedelai, alat pemanas, tempat untuk proses peragian, Rak kayu untuk penempatan setelah proses peragian. Alat pembentukan tempe.

PROSES PEMBUATAN TEMPE
Proses usaha kecil pembuatan tempe tidaklah sesulit dengan apa yang kita bayangkan maka mari kita pelajari bersama:
Kedelai yang akan kita gunakan kita saring dan kita sortir dengan cara masukan dalam air dan kita pakai kedelai yang tenggelam, kita bersihkan kedelai tersebut sampai bersih. Kedelai yang sudah dibersihkan direbus sampai kita dapat membersihkan kulit arinya dengan mudah. Proses perebusan sekitar 20 menit, setelah itu angkat dan taruh dalam tempat yang aman dari tikus-tikus selama 24 jam. Setelah itu buanglah air lalu kupas kulit arinya, setelah pengupasan selesai cucilah dengan air yang bersih kemudian rebus lagi sekitar 1/2 jam setelah itu dinginkan.
Siapkanlah tempat untuk mencetak tempe, bungkus, dan tempat penyimpanan proses peragian tempe. Langkah selanjutnya Kedelai yang sudah didinginkan tadi diberi ragi setiap 1 kilogram kedelai diberi 1 gram ragi campur hingga merata kemudian taruhlah dalam bungkus yang telah disiapkan tadi, setelah dibungkus simpan di rak dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari selama 2 hari. Setelah itu tempe telah siap untuk di pasarkan. Selamat mencoba. Tapi ingat bahwa pembuatan makanan hendaklah memperhatikan kebersihan, karena akan mempengaruhi hasil dalam pembuatan usaha makanan ini, jadi utamakan kebersihan.

 

Inspirasi Pengusaha Muda Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Junnaedy Muis