Sabtu, 08 September 2012

Atur Dulu Yang Ini, Sebelum Memulai Wirausaha

,

Banyak orang ingin memulai wirausaha, ini bagus sekali. Kalau ngomong soal usaha, ini artinya kita ngomong juga soal uang atau keuangan. Sebuah usaha akan berjalan baik apabila lancar di dalam soal keuangan. Istilah kerennya adanya Cashflow atau arus kas. Soal modal usaha, seberapa besar modal usaha, akan habis juga apabila tidak adanya cashflow yang bagus. Perlu sekali mengelola aliran uang yang bagus untuk sebuah usaha. Nah, untuk latihan awal bagi seorang calon wirausaha atau entrepreneur baru, apa yang bisa dilakukan?Seorang calon wirausaha bisa dengan mulai mengatur keuangan pribadi. Soal mengatur keuangan pribadi, ini penting sekali. Bagaimana mengelola keuangan pribadi, sayangnya tidak diajarkan di bangku kuliah. Seorang mahasiswa jurusan ekonomi diajarkan membuat laporan keuangan atau jurnal keuangan perusahaan orang lain, dimana dia menjadi pekerja di dalamnya  dan tidak diajarkan bagaimana cara membuat laporan keuangan sebagaimana layaknya dia seorang pemilik perusahaan. Inilah kekurangan sistem pendidikan kampus. Mahasiswa dididik menjadi seorang karyawan yang mengerjakan laporan keuangan perusahaan orang, bukan membuat laporan keuangan bakal perusahaan yang ia akan bangun.
Mengenai keuangan ini, pemirsa bisa memulai dengan mengatur keuangan pribadi, bagaimana mengelola uang gaji yang didapat dengan lebih bijaksana. Uang akan bersahabat baik apabila dikelola dengan benar. Uang akan bisa berlipat apabila dikelola dengan pintar. Mengenai tehnis dan caranya, akan saya bagikan di Paket video modul sukses wirausaha sebagai tambahan paket dari 12 Video yang sudah ada.
Inti sukses dalam mengelola keuangan adalah terletak di komitmen anda. Dengan mulai membuat laporan keuangan pribadi dan manajemen keuangan pribadi, seorang calon wirausaha akan terbiasa nantinya membuat laporan keuangan dalam lingkup yang lebih besar dan mengelola manajemen keuangan perusahaan yang ia bangun nantinya.
Bagaimana cara mengelola keuangan, dibahas di dalam Video Modul Sukses Wirausaha.

2 comments to “Atur Dulu Yang Ini, Sebelum Memulai Wirausaha”

  • 24 September 2012 pukul 11.51
    Anonim says:

    keren gan tipsnya, thanks

    salam
    Belajar SEO

  • 24 September 2012 pukul 20.49

    iya makasih atas kunjungannya jangan pernah bosan ya untuk mengunjungi blog ini sambil belajar .....

Posting Komentar

 

Inspirasi Pengusaha Muda Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Junnaedy Muis