Minggu, 16 September 2012

Penyebab Utama Kegagalan Bisnis Baru

,

Anda tahu 9 dari 10 bisnis baru hancur di 5 tahun pertama? Berikutnya kegagalan wirausaha lebih kejam lagi. Dari yang mampu bertahan tadi, 9 dari 10 usaha tersebut luluh lantak karena berbagai sebab. Penyebab kegagalan usaha tersebut ada dua.
Penyebab Kegagalan Bisnis Pertama : Tidak adanya rencana bisnis yang memadai, dengan kata lain adalah lemahnya perencanaan bisnis. Sering dikatakan bahwa “kegagalan merencanakan bisnis berarti merencanakan untuk gagal”. Bisnis adalah sebuah rencana, bukan produk atau prosedur.
Perencanaan yang baik memperkirakan hal-hal tak terduga, tetapi akan tetap utuh dan terus digunakan selama tahun-tahun awal yang penuh dengan tantangan dan cobaan. Bahkan menurut Robert T Kiyosaki : separuh dari pekerjaan entrepreneur adalah merencanakan (nah loh, fursing juga khan, sama, saya juga). Disinilah anda dituntut untuk sabar, kunci sukses bisnis anda.
Penyebab Kegagalan Bisnis Kedua : Kebanyakan pemilik bisnis tidak menyiapkan diri untuk menghadapi dunia bisnis yang sesungguhnya. Sembilan dari sepuluh bisnis baru gagal, walaupun telah membuat perencanaan yang mempromosikan peluang-peluang besar.
Kenyataan penyebab kegagalan bisnis tersebut bukan karena  penulisan perencanaannya yang buruk, tapi ia tidak menyiapkan diri untuk menghadapi dunia bisnis yang sesungguhnya. Inilah penyebab kegagalan bisnis yang paling sering menimpa bisnis baru.
Jadi sebelum anda memulai “bagaimana” membuat perencanaan agar penyebab kegagalan bisnis anda bisa terkendali, penting sekali anda untuk menjawab 2 pertanyaan berikut ini :
  1. Seberapa besar keinginan anda untuk menang?
    Ini adalah pertanyaan pertama untuk diajukan kepada diri anda sendiri sejalan dengan dimulainya perjalanan mengubah harapan atau impian anda menjadi perencanaan yang bagus. Jika dorongan dari untuk memulai sebuah bisnis tidak cukup besar, unsur “bagaimana” dari sebuah perencanaan menjadi tidak berarti. Anda beresiko tidak bisa mengatasi penyebab kegagalan bisnis.
  2. Apakah anda siap secara mental untuk memiliki bisnis anda sendiri?
    Memulai bisnis sendiri benar-benar menyita waktu yang anda miliki. Sebagian besar orang ingin sukses dalam bisnis, tetapi tidak bersedia pertama-tama untuk menyediakan waktunya dalam membuat perencanaan bisnis. Ini juga penyebab kegagalan bisnis yang paling sering menimpa jika seseorang ingin memulai usaha.
Khusus untuk poin kedua anda tahu mengapa seperti itu? Karena setiap perencanaan bisnis ada harga yang harus dibayar. Sebagian besar orang memulai bisnis tanpa adanya ketrampilan dasar berbisnis. Mereka  juga sering kali bertindak sesuai dengan “cara mereka sendiri” daripada berinvestasi di pendidikan dan membangun sebuah tim penasihat yang dapat diandalkan.
Penting pula untuk untuk dicatat bahwa kesuksesan dalam bisnis lebih banyak dipengaruhi oleh jiwa kewirausahaan daripada oleh usia dan jenis kelamin. Mereka selalu bersemangat disaat sukses maupun jatuh. Walaupun mereka belum bisa mengatasi semua penyebab kegagalan bisnis, mereka tetap berpikiran positif. Dan ciri-ciri pribadi seorang entrepreneur sukses adalah :
  1. Visi : Kemampuan menemukan peluang yang tidak dapat dilihat oleh orang lain.
  2. Keberanian : Kemampuan bertindak walaupun mempunyai keraguan besar.
  3. Kreativitas : Kemampuan untuk berpikir yang lain daripada yang lain.
  4. Kemampuan menghadapi kritik : Tidak ada satu orang suksespun yang tidak pernah dikritik.
  5. Kemampuan menunda kesenangan : Sulit sekali belajar menyangkal kesenangan jangka pendek yang segera demi keberhasilan jangka panjang.
Dengan mengetahui penyebab utama kegagalan bisnis diatas, sudahkah anda siap untuk membangun bisnis anda? Tapi anda tidak usah khawatir. Walaupun kegagalan usaha membayangi anda, selalu ada harapan baru untuk sukses berbisnis dan mengatasi kegagalan perusahaan anda.

0 comments to “Penyebab Utama Kegagalan Bisnis Baru”

Posting Komentar

 

Inspirasi Pengusaha Muda Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Junnaedy Muis