Minggu, 08 Juli 2012

Tiga Bank Sentral Dunia Longgarkan Moneter

,
VIVAnews - Bank Sentral di China, Eropa, dan Inggris saling melonggarkan kebijakan moneter mereka hanya dalam kurun kurang dari sejam pada Kamis waktu setempat. Ini bisa menjadi pertanda naiknya kewaspadaan mereka mengenai ekonomi dunia.

Sejumlah mata uang utama dunia.Menurut kantor berita Reuters, Bank Sentral China menerapkan langkah yang paling mengejutkan. Bank itu menurunkan bunga pinjaman sebesar 31 basis poin menjadi 6 persen. Padahal baru sebulan lalu China menurunkan tingkat suku bunga, yang juga dianggap langkah mengejutkan.

Bank Sentral Eropa (ECB) juga menurunkan suku bunga ke rekor terendah, yaitu 0,75 persen. Ini menyusul memburuknya data ekonomi di kawasan itu. Bank itu juga menyiapkan langkah-langkah yang lebih tegas, seperti membangkitkan lagi program pembelian obligasi pemerintah atau mengucurkan likuiditas jangka panjang untuk perbankan.

Namun, jajak pendapat Reuters di kalangan ekonom menunjukkan perkiraan mereka bahwa ECB akan menindaklanjuti penurunan suku bunga dengan langkah-langkah lanjutan untuk membangkitkan ekonomi Eropa dalam beberapa bulan mendatang.

Bank Sentral Inggris, yang tingkat suku bunganya sudah mencetak rekor terendah sebesar 0,5 persen, berencana akan mencetak uang kembali. Bank itu juga akan membeli aset-aset sebesar US$78 miliar dengan uang cetakan baru untuk membantu ekonomi Inggris keluar dari resesi.

Bagi kalangan pengamat, langkah-langkah itu di luar perkiraan. "Ini mengejutkan bahwa mereka bergerak begitu cepat. Ini juga menunjukkan keprihatinan para pembuat kebijakan mengenai ekonomi global telah meningkat," kata Mark Williams, ekonom di Capital Economics di London. 

Namun, Presiden ECB, Mario Draghi, membantah adanya langkah koordinatif antar bank sentral di tingkat global. Dia juga menampik bahwa situasi ekonomi dunia saat ini segawat dengan yang terjadi di akhir 2008, saat sistem keuangan global mengalami kekacauan.

SUMBER : vivanews.com

0 comments to “Tiga Bank Sentral Dunia Longgarkan Moneter”

Posting Komentar

 

Inspirasi Pengusaha Muda Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Junnaedy Muis