Minggu, 08 Juli 2012

BI: RI Diuntungkan Rendahnya Bunga Bank Eropa

,
Logo mata uang euro di Bank Sentral EropaVIVAnews- Bank Indonesia menilai kebijakan Bank Sentral Eropa memotong suku bunga acuannya merupakan langkah positif untuk memperkuat kebijakan fiskal di Eropa. Kesepakatan Uni Eropa yang akan menyuntik modal langsung ke sistem perbankan tanpa melewati pemerintah juga menjadi langkah positif.

Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI, Perry Warjiyo menuturkan, kesepakatan Uni Eropa itu membuat penyatuan pengawasan perbankan akan di bawah Bank Sentral Eropa. "Itu langkah positif, termasuk juga kenaikan dana bailout untuk perbankan," ujarnya di Jakarta, Jumat 6 Juli 2012.

Untuk menyelesaikan ancaman krisis Eropa, menurutnya, saat ini dunia tengah menunggu apakah ada penyatuan fiskal di negara Eropa. Sebab, selama ini hak fiskal masih dipegang masing-masing negara.

Perry menambahkan, kebijakan penurunan suku bunga acuan yang dilakukan Bank Sentral Eropa juga memberikan dampak positif bagi negara berkembang. Sebab, investor akan menempatkan dananya ke negara berkembang yang memiliki imbal hasil yang tinggi.
"Suku bunga Eropa dan Amerika rendah. Tentu saja, investor mencari negara yang memiliki imbal hasil lebih tinggi, termasuk Indonesia," ujarnya. (asp)

SUMBER : vivanews.com

0 comments to “BI: RI Diuntungkan Rendahnya Bunga Bank Eropa”

Posting Komentar

 

Inspirasi Pengusaha Muda Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Junnaedy Muis