Senin, 18 Juni 2012

Dolar Aussie kembali lampaui nilai dolar Amerika

,
Sydney (ANTARA News) - Kurs dolar Australia pada hari ini naik kembali di atas paritas dengan greenback, karena spekulasi Federal Reserve AS dapat memulai putaran baru pelonggaran kuantitatif untuk meningkatkan pertumbuhan.

Pada pukul 08.30 (22.30 GMT Kamis), dolar "Aussie" diperdagangkan pada 100,18 sen AS, naik dari 99,48 sen pada sehari sebelumnya, setelah main mata dengan tanda 100 sen dalam beberapa hari terakhir.

Dolar Australia jatuh di bawah paritas pada 14 Mei karena gejolak politik di Yunani mendorong pedagang menjual aset berisiko, demikian dilaporkan AFP.

Lonjakan komoditas Australia dan suku bunga yang relatif tinggi di atas dua tahun terakhir, mendorong Aussie mencapai rekor 110,81 sen pada Juli 2011.

Ini hanya mundur secara signifikan setelah gempa dan tsunami Jepang serta penurunan peringkat utang Amerika Serikat oleh Standard & Poor`s.

Canberra sebelumnya telah memperingatkan bahwa dolar Aussie akan tetap pada tingkat tinggi selama bertahun-tahun karena unit itu dilihat sebagai tempat yang aman di tengah gejolak global.

Namun dolar yang kuat -- yang pertama melewati paritas dengan greenback pada Oktober 2010 -- menekan beberapa industri lokal. Sektor pariwisata, manufaktur, dan ekspor pendidikan adalah yang paling terpukul keras.

(A026)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2012

0 comments to “Dolar Aussie kembali lampaui nilai dolar Amerika”

Posting Komentar

 

Inspirasi Pengusaha Muda Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Junnaedy Muis