Minggu, 08 Juli 2012

Hati-hati, Banyak Barang Kedaluwarsa Beredar

,
Parsel Lebaran sangat rawan diisi produk-produk kadaluwarsa. VIVAnews - Pusat Informasi Makanan dan Minuman (Pipimm) meminta para konsumen lebih jeli memilih barang yang akan dibeli menjelang puasa dan lebaran ini. Sebab, setidaknya ditemukan 420 item pangan yang tidak memenuhi syarat beredar di Indonesia. Barang-barang itu terdiri atas 132.259 kemasan dengan nilai Rp3,3 triliun.

Ketua Pipimm, Suroso Natakusuma, mengatakan, barang-barang tersebut tak memenuhi syarat karena dijual dalam keadaan rusak (3 persen), kedaluwarsa (31 persen), tanpa izin edar (44 persen), dan tak memenuhi izin edar (22 persen). "Barang-barang tanpa izin edar banyak dari Malaysia, China, Thailand, dan Jepang," kata Suroso di Jakarta, Jumat 6 Juli 2012.

Barang yang perlu diteliti adalah parsel. Sebab peredaran parsel sangat marak, khususnya menjelang lebaran. “Parsel itu ditaruh dalam kemasan, sehingga konsumen tidak bisa melihat apakah barang-barang itu sesuai aturan atau tidak," katanya.

Suroso memprediksi peredaran barang-barang yang tidak layak edar pada puasa dan lebaran tahun ini akan meningkat. "Impor pangan kita meningkat 1,28 persen dari tahun sebelumnya," ungkapnya. Hal ini akan mempengaruhi angka penyelundupan.

Produk-produk yang tidak layak jual kebanyakan berada di luar Pulau Jawa. Meski demikian, bukan berarti Jawa aman dari peredaran barang kedaluwarsa.
Karena itu, tidak ada salahnya jika konsumen mengecek terlebih dulu barang-barang yang ada di parsel, sebagai bagian dari hak konsumen mendapatkan barang yang sesuai aturan.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap barang-barang pangan yang telah dikemas ulang. “Karena banyak kejadian makanan kedaluwarsa dikemas ulang dalam bungkus bening agar tidak diketahui telah kedaluwarsa,” ujar Suroso.

Barang-barang pangan yang taat aturan harusnya mencantumkan keterangan menggunakan bahasa Indonesia, mencantumkan tanggal kedaluwarsa, dan nomor registrasi Badan POM. (art)

SUMBER : vivanews.com

0 comments to “Hati-hati, Banyak Barang Kedaluwarsa Beredar”

Posting Komentar

 

Inspirasi Pengusaha Muda Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Junnaedy Muis